Hello! Di post kali ini sy akan membahas cara ngeapply visa Jepang (paspor biasa) dengan via sendiri bukan melalui agen travel.

Untuk kota Medan, pengajuan visa dapat dilakukan di Kedutaan Jepang Medan Alamat: Sinarmas Land Plaza, Lantai 5, Jl. P. Diponegoro No. 18, Kota Medan, Sumatera Utara 20152 Telepon:(061) 4575193

Visa terbagi beberapa jenis, yaitu:

  1. Visa kunjungan sementara untuk tujuan kunjungan keluarga
  2. Visa kunjungan sementara untuk tujuan kunjungan keluarga (apabila pengundang adalah WN Jepang yang berdomisili di Indonesia)
  3. Visa kunjungan sementara untuk tujuan kunjungan teman
  4. Visa kunjungan sementara untuk kunjungan wisata dengan biaya sendiri
  5. Visa kunjungan sementara berkali-kali (wisata)
  6. Visa kunjungan sementara untuk tujuan bisnis
  7. Visa khusus (visa pelajar/ kerja/ pelatihan/ menatap dalam jangka waktu tertentu)
  8. Visa transit
  9. Visa single entry untuk tujuan group tour bagi WNI yang diselenggarakan oleh Travel agent.

Untuk selengkapnya bisa dibaca di Sini.

Karena kami adalah kunjungan wisata dengan biaya sendiri maka kami pun memilih no 4 dengan dokumen yang harus di sediakan:

1. Paspor. Karena paspor saya baru diperpanjang maka saya lampirkan juga paspor lama saya.

2. Formulir permohonan visa. [download (PDF)]  dalam mengisi formulir agak ngebuat kami binggung karena nama kami berdua cuma mempunyai satu kata. Jadi kami putuskan mengisi surname kami dengan nama kami dan given and middle name kami kosongkan.

Contoh pengisian nama
Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram). Pasfoto yang baik adalah poni ga bole ketutup alis mata ya, lebih bagus keliatan telinga juga.

3. Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili) → kami perbesar fotokopi KTP

4. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa) → karena kami bukan mahasiswa kami ga memerlukan ini.

5. Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang), kami juga melampirkan booking hotelnya.

6. Jadwal Perjalanan [ download (DOC)] (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang)

7. Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb. (Bila pemohon lebih dari satu)→ kami memakai kartu keluarga saja.

8. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan. Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya). Suami memakai bank BCA, untuk rekening koran selembar kena biaya Rp. 2.500 dan legalisir Rp. 50.000

*saldo di tabungan harus mencukupi perjalanan selama di Jepang. Asumsi biaya sehari di Jepang adalah ¥15000 perorang, dua orang maka ¥30000 selama 10 hari maka memerlukan biaya sekitar 36 juta (kurs ¥ 120) tapi lebih baiknya memiliki saldo ditabungan lebih dari 36 juta daripada tar visa ga bisa keluar bisa #nangisbombay 😭

*untuk daerah Medan, kami dimintai surat keterangan kerja atau SIUP. Jadi yang bagi tidak mempunyai SIUP (kami juga tidak memiliki SIUP) bisa memakai surat keterangan yang berhub dengan kerja atau usaha/ SPT/ NPWP. Kami ngelampirin semuanya biar aman😬

Surat keterangan yang berhubungan dengan kerja/usaha bagi yang tidak memiliki SIUP
*kami semua memakai kertas A4, semua dokumen tidak boleh di hektar.

Sesudah semua berkas lengkap, harus di susun sesuai urutan diatas ya. 

Pengajuan Permohonan Visa : pk. 08:30 – 12:00 hari senin-jumat (kec hari libur nasional dan libur kedutaan)

Pengambilan Visa : pk. 13:30 – 15:00 hari senin-jumat (kec hari libur nasional dan libur kedutaan)

Pengajuan permohonan visa cuma serahin dokumen, ga ditanya apapun, orangnya juga super ramah. Setelah orangnya cek dokumen dan semua lengkap disuruh balik 4 hari kemudian dan di kasi selembar kertas untuk nanti pengambilan paspornya.


Ini nih yang bikin deg-degan nunggu visa keluar, makan kepikiran visa, tidur pun kepikiran visa😭

Dan akhirnya 4 hari terlewatkan… TADAA.. visa keluar! Horray! 😆😆. Jadi ngurus visa sendiri sebenarnya ga susah asal dokumen semua lengkap dan ngehemat banyak loh. Pakai jasa travel kemarin kami tanya sekitar 600 rb, ngeapply sendiri baru 370 rb untuk single entrynya. Lumayan buat nyimpan uang ke Jepangnya! 💰

See you again in next post👋