Hello! Ini hari ke 5 kami di Jepang. Perjalanan hari ini full naik Bus umum Kyoto. Jadi sebelum mulai perjalanan, terlebih dahulu beli Bus one day pass ¥500 di bus information dekat dengan Porta Dining atau bisa beli sendiri dengan menggunakan mesin. Untuk pagi hari ini kami langsung ke Nishiki market terlebih dahulu karena semalam (Rabu) kebanyakan toko tutup.

Kami agak kurang ngerti untuk naik bus soalnya busnya banyak nomor dan platform. Untuk sampai ke Nishiki market (dari hasil tanya orang), kami pun naik bus no 17 di C3 turun di Shijo Takakura.

Di Nishiki market, kami pun mencoba beberapa cemilan:

Ini macam jus sunkist gitu, biasa saja ga da yang special untuk ini. Seharga ¥500 satu biji gitu.

Untuk croketnya lumayan enak ya, tiga pc sekitar ¥700 tapi ga terasa dagingnya. Kami milih curry croket, chicken croket dan satu dalamnya isi udang (yang udang lebih enak). Boleh di coba🙂

Telurnya biasa saja ya, mahal lagi ¥450

Kami sampai market sekitar jam 9.30 pagi, masih banyak toko yang belum buka jadi setelah mencicipi beberapa cemilan kami pun langsung cabut. Dari Nishiki market kami lanjut Ke Kinkakuji dari bus stop shijo karasuma naik bus 101 turun di bus stop Kinkakuji michi. Setelah sampai sudah ada petunjuk jalan ke Kinkakuji. Biaya masuk Kinkakuji ¥500

Kuil Kinkakuji sendiri terdiri dari 3 lantai, dan 2 lantai di atas seluruhnya dilapisi oleh kertas emas jadi benar-benar bagus banget!   Untuk mendapatkan foto yang bagus dengan latar belakang kuil tersebut, susah banget karena orangnya super banyak jadi harus bersabar. Yang ga tahan, cuaca di Kyoto panas pula sekitar 28 derajat, padahal di Osaka super adem sekitar 23 derajat doank. Ketemu vending machine ngejual minuman yang dingin dan ice cream, ga beli kayaknya ga tahan. Ga pake mikir panjang langsung beli deh.

Pilihan jatuh pada green tea icecream karena memang Kyoto terkenal greenteanya dan di Medan belum ada jadi mesti coba. Ini enak banget! Satu cup seharga ¥300.

Sebelum melanjutkan perjalanan ke Kiyomizu dera, kami singgah makan siang di Kazu Ramen jalan sekitar 8 menit gitu dari Kinkakuji.

Ini ramen (non halal) tapi enak banget yach. Aromanya pas! Recomended! 👍🏻 boleh refill air sepuasnya dan english menu  tersedia ya jadi ga macam orang buta huruf apapun ga bisa baca😅

Dari sana kami pun melanjutkan ke Kiyomizu, balik lagi ke bus stop kinkakuji michi. Dari kinkakuji michi ambil bus 204 atau 102 ke ginkaguji-mae. Bus 102 lebih cepat sampai karena tidak berhenti disetiap bus stop, tapi karena bus no. 204 lebih cepat datangnya dan malas nunggu lagi maka kami naik bus no. 204. Bus berhenti di setiap bus stop jadi memerlukan sekitar 40 menit baru sampai tujuan🙈. Setelah sampai ganti bus no.100 lagi turun di kiyomizu michi.

Kami memang sengaja ga ke ke Kiyomizu-dera karena templenya dalam perbaikan sampai tahun 2020 (kalau ga salah), untuk lengkapnya bisa langsung baca diSini. Bangunannya banyak ketutup tiang, difoto juga ga bagus maka kami langsung melanjutkan ke Sannenzaka dan Ninennzaka saja.

Sepanjang jalan banyak yang menjual souvenier, snack dll. Kami pun tergoda mencoba rice crackernya 1 pc ¥120, favorit rice crackernya ada seaweed punya 1 pc ¥150. Tapi sy pribadi lebih suka yang pedas ,makan banyak ga eneg. 🍘

Dari sana kami mau melanjutkan ke Gion untuk makan malam di tempat popular Gonbee tapi berhubung hari kamis dan Gonbee ga buka, maka kami memutuskan untuk balik hotel ngambil koper karena malam mau ke Tokyo maka kami pun makan di seputaran Kyoto stasiun saja. Kami pun menemukan Nakau Restoran di Kyoto stasion G2 (tempat naik willer Bus)

Ini enak banget, kami makan berdua ngehabisin sekitar ¥1350.

This is my last day in Kyoto, karena kami tidak ad Jr Pass, kalau mau naik Shinkasen mahal banget sekitar ¥13000 perorang dan untuk menghemat biaya hotel juga maka kami naik bus Malam (Willer Bus), sekitar ¥4500 perorang. Busnya nyaman, bersih dan ga bau. Untuk sampai ke Tokyo memerlukan sekitar 8 jam perjalanan dan hampir 2 jam sekali berhenti sekitar 15 menit. Jepang memang terkenal super bersih ya bahkan di toilet umum tiap pemberhentian yang awalnya sy kira toiletnya bakal kotor ternyata salah besar! Bersih dan wangi benar, nyaman banget👍🏻

*Bagi yang mempunyai Kartu Icoca direfund dulu ya. Karena di Tokyo ga bisa direfund lagi walaupun dapat dipakai juga.
Untuk membaca perjalanan 10 Hari lainnya di Jepang, bisa baca diSini.