Hello! Ini hari ke7 sy di Jepang. Hari ini sehari full di Disneysea. Kenapa milih Disneysea? Karena Disneysea cuma satu-satunya dan ada di Jepang dan lebih banyak wahana permainan dibanding Disneyland. Kami ke disneysea nya pas Sabtu, takut bakal banyak orang maka kami duluan beli tiket Disneysea di disneystore Shibuya dengan harga ¥7400.

Untuk nyampe ke Disneysea dari stasiun Shinjuku ambil Jr chuo line ke Tokyo. Dari Tokyo lanjut ambil jalur Keiyo line turun di Maihama dan pindah ke monorail Disney. Untuk nyampe ke Disneysea memerlukan waktu kira-kira sejam, jadi kalau memang mau puas main datang agak awal saja dan jangan pilih weekend.

Kami nyampe Disneysea sudah jam 10 pagi dan pas sabtu, benar-benar sudah kek lautan manusia ya. Kebanyakan orang Jepang sendiri, bukan turis😑. Fyi, wahana paling populer di Disneysea adalah Toys mania dan Tower of terror. Waktu kami pergi, wahana toys mania lagi dalam perbaikan jadi ga bisa main. Kami pun langsung ambil fastpass tower of terror dan waktu ambil fastpass saja sudah jam 8 malam😫, shock bentar tapi apa boleh buat ya.

Fastpass hanya bisa 2 jam sekali, jadi untuk wahana kedua kami pun antri saja. Kami pun langsung menuju area Mysterious Island, main wahana Journey to the Center of the Earth. Antri 120 menit dan mainnya sekitar 5 menit aja, keknya ga puas yach🙈. Ini wahana semacam naik kereta, awalnya di kasi liat benda-benda bumi dan ampe setengah langsung cepat seperti main roller coster, jadi nyiapin jantung ya. Must Try!

Dari journey to the center of the earth, kami langsung menuju 20.000 leagues under the sea. Kami antri sekitar 15 menit, kalau lebih dari 15 menit tidak usah antri lagi mending agak sore baru balik antri lagi. Ini wahana biasa saja, masuk ke dalam kapal selam dan melihat batu karang dibawah laut (bukan benar-benar nyelam ke dalam laut ya) kalau bawa anak kecil cocok.

Dari Mysterious Island, kami pun ke area Port discovery. Bisa ngambil fastpass dulu di Nemo and friends searider (kami lupa ngambil fast pass), kami cuma numpang lewat untuk ke Lost River Delta area main wahana Temple of the Crystal Skull. Ini antri juga 2 jam ya. Ga kebayang kaki gimana pegalnya yach tapi tetap semangat antri! Ini wahana macam kita naik mobil dengan jalan yang bergelombang, boleh di coba juga lah.

Waktunya makan siang, hampir setiap restoran, food stand tetap antri ya. Karena masuk restoran rata-rata mau ngehabisan ¥1500 perorang maka kami cuma beli di food stand, antri sekitar 15 menit. Kami beli di Yucatan Base Camp Grill, roti tengahnya isi sosis Pork dan ayam ¥450 perbiji. Mahal juga untuk roti sebiji.😂

Untuk area ini boleh nyoba Raging Spirits (Roller Coaster) tapi antrian panjang dan cuma roller coaster biasa kami skip.

Dari Lost river delta kami pun ke Arabian Coast. Kami main wahana Sinbad Storybook Vogaye, Ini antri juga lama ya. Kami kira bakal ada yang menarik tapi cuma naik perahu ngelihat boneka semacam istana boneka di Dufan tapi yang bawa anak kecil cocok ya main wahana ini. Ini duduknya sekitar 15 menit, jadi dihitung-hitung cocok juga lah untuk mengistirahatkan kaki yang pegal ini. 😬

Bisa ngambil Fastpass untuk Magic Lamp theater tapi karena alasan malas balik lagi, kami skip wahana ini. Dari sini kami ke area Mermaid Lagoon, kami skip semua permainan disini ya karena memang orangnya super banyak ya dan kami pun tidak merasa tertarik dengan wahana permainannya. Bagi yang mau main wahananya boleh coba Mermaid Lagoon Theater (semacam musical show).

Jangan lupa foto dengan istana ariel 🏰

Dari Mermaid Lagoon, kami ke area Mediterranean Harbor lewat mysterious Island lagi. Berhubung cuaca memang panas, haus dan banyak yang megang eskrim kepala mikie, kami pun tergoda untuk mencobanya. Kami beli rasa tropical fruits, ini enak dan segar ¥310. Must try!

Sy ke area Mediterranean Harbor ini sebenarnya cuma untuk mengunjungi Disney shop (Galleria Disney) yang memang khusus menjual Duffy dan teman-temanya. Sy tertarik banget sama StellaLou, ga beli kayaknya ini hati ada yang kurang jadi beli lah gantungan StellaLou karena  ga tega keluarin uang untuk bonekanya yang cukup mahal ¥3900 (kalau ga salah ingat) dan itu belum sama bajunya.

Boneka gantungan kecil antara ¥1500 atau ¥1700 (sy lupa berapa harganya), kalau untuk yang gantungan biasa ¥1300. Waktu saya ke galleria shop, suami antri Venetian Gondolas jadi ga habis waktu deh. Beli siap balik ke Venetian Gondolas langsung deh naik perahu.

Setelah siap dari wahana ini, kami balik lagi ke area Port discovery main Searider, ini antri 120 menit juga ya.

Selagi antri sy pun pergi beli Buns sebagai makan malamnya. Buns nya isi udang seharga ¥450 perbiji, enak! Must Try!

Setelah makan siap, jangan ngebuang sampah sembarangan ya. Di Jepang susah banget nemu tong sampah jadi habis makan simpan di dalam tas dulu, ada tong sampah baru deh buang😬

Setelah berdiri 2 jam akhirnya main juga wahana ini, wahana satu ini macam kita di dalam ikan trus 3D gitu deh. Bawa anak kecil cocok main wahana ini.

Setelah keluar dari searider, waktu sudah jam 8 malam. Kami pun langsung balik lagi ke area America Waterfront, untuk main wahana Tower of Terror karena fastpass kami jam 8 malam. Jadi ini wahana yang terakhir yang kami main sebelum pulang. Wahana satu ini masuk dalam ruangan gelap trus masuk seperti dalam lift tapi dapat duduk dan diangkat tinggi-tinggi langsung terjun kebawah, jadi ini jantung harus mantap ya. Kalau ga berani mending jangan, but ini Must Try!

Setiap wahana di Disneysea rata-rata harus antri 2 jam sampai 3 jam ya, jadi kaki harus tahan. Kalau ada yang merasa kurang menarik, skip saja daripada buang waktu dan tenaga.

Dari Disneysea, kami pun balik Shinjuku (hotel kami berada di Shinjuku) memerlukan waktu sejam lebih baru nyampe. Lapar donk tengah malam secara tadi jam 6 an sore cuma makan buns sebiji. Kami pun pergi mencoba Ichiran ramen di Shinjuku karena sebelumnya belum kemakan Ichiran dan pas Tokyo terkenal ramennya maka harus coba! Dari stasiun Shinjuku keluar central east exit.

Ichiran disini paling ramai, kami nunggu hampir satu setengah jam baru dapat makan. Jam makan malam kami yang paling telat di jam 23.30 malam, ini perut ga kebayang gimana lapernya🤤. Pas makan ramennya benar-benar enak banget! 👍🏻  ga tau karena sudah laper banget atau udara luar dingin makan hangat-hangat jadi enak atau memang enak yang penting makan deh! Karena enak, Suami nambah ramen (mienya doank) semangkok lagi seharga ¥190 perbiji 😂

¥890 semangkok, Must Try!

Setelah makan siap, kami pun balik Hotel untuk istirahat buat memulihkan tenaga karena besok pagi berangkat ke Hakone.

Untuk membaca perjalanan kami 10 hari lainnya diJepang, bisa baca diSini.