Helllo! Ini hari ke 8 kami di Jepang. Itin hari ini dan besok kami di Hakone. Kami ke Hakone ga bawa koper karena takut ribet narik-narik koper jadi koper kami titip hotel (Shinjuku Sunroute), kami masing-masing cuma bawa tas ransel saja.

Sebelum berangkat Hakone, kami terlebih dahulu beli tiket Hakone 2days Pass ¥5140 perorang di Odakyu Sight Seeing Service Center Shinjuku (Di West exit, G floor, 1F) atau dapat dibeli di semua stasiun Odakyu Line.

Dengan menggunakan Hakone Pass maka dapat menggunakan 8 tipe transportasi, yaitu: Hakone Tozan Line, Hakone Tozan Cable Car, Hakone Ropeway, Hakone Sightseeing Cruise, Hakone Tozan Bus, Tourist Attraction Sightseeing Bus, Odakyu Hakone Highway Bus, dan Tokai Bus Orange Shuttle.

Untuk ke Hakone Yumoto bisa memakai kereta Odakyu atau memakai Romance Car.

Perbedaan Romance Car dan kereta Odakyu:

1. Ada biaya tambahan ¥890 sedangkan kereta Odakyu tidak ada biaya tambahan lagi.
  2. Langsung sampai ke Hakone Yumoto (tanpa ganti kereta) sedangkan kereta Odakyu harus ganti sekali kereta di stasiun Odawara, baru lanjut ke Hakone Yumoto
  3. Menghabiskan sekitar 85 menit untuk sampai ke Hakone Yumoto sedangkan kereta Odakyu sekitar 115 menit untuk sampai ke Hakone Yumoto
  4. Dapat reserved seat sedangkan kereta Odakyu tidak dapat reserved seat.

Karena kami memilih kereta Odakyu, dari Shinjuku ke Odawara (sekitar 100 menit) dari Odawara ganti kereta ke Hakone Yumoto (sekitar 15 menit). Setelah sampai Hakone, kami terlebih dahulu ke Ryokan (Mount View Ryokan, untuk lengkapnya bisa di baca di Post yang ini). Dari Hakone Yumoto naik bus dari Bus Stop 3 berhenti di Sengokuhara Bunka Centre Mae.

Setelah siap melakukan Check-in dan meletakkan barang kami, kami pun ke Gotemba Factory Outlet. Dari Ryokan jalan ke bus stop Sengokuannaijomae ke Gotemba Outlet dengan bus S no 3.

Sampai ke Gotemba Outlet, kami pun langsung menuju Food Bazaar untuk makan siang terlebih dahulu. Mengelilingi beberapa kali foodstandnya, akhirnya saya pun memilih Chicken Rice saja (paling cocok buat saya karena ga makan Beef) seharga ¥961 dan suami saya memilih steak sapi di STEAK MOUNTAIN seharga ¥1285.

*Food bazar ini selfservice jadi setelah makan siap, jangan lupa beresin meja dan menggembalikan traynya ketempatnya.

Perut sudah kenyang saatnya mengeliling Gotemba Outlet. Di Gotemba terdapat banyak outlet bukan hanya menjual barang branded merek Asing seperti YSL, Balenciaga, Prada, Furla, MK, KateSpade, Celine, Ferragamo dsb tapi juga ada menjual branded Lokal Jepang seperti Seiko, Samantha Thavasa, Sanrio, G-shock dsb. Banyak yang bilang pada murah tapi sy sendiri masuk beberapa toko dan harganya ga beda jauh sama outlet ditempat lain, jadi saya ke Gotemba jalan-jalan cuci mata saja deh. Puas mengelilingi Gotemba, kami pun balik ryokan untuk menikmati makan malam di Ryokan.

DAY 9: Owakudani dan Lake Ashi

Jauh-jauh ke Hakone tapi tidak mencoba onsennya keknya ga lengkap jadi kami pun menyewa private onsen ¥2000 (ga pede dan ga nyaman untuk publik onsen). Pas cuaca pagi ini super dingin karena semalaman hujan, jadi rendam ke air hangat itu super sesuatu banget deh! Nyaman banget! Puas berendam onsen, kami pun breakfast di Ryokan dan check out.

Destinasi pertama yang mau kami kunjungi adalah Owakudani. Dari ryokan kami, naik T bus ke Hakone Yumoto. Setelah sampai Hakone Yumoto, naik Hakone Tozan Line ke Gora. Bagi yang suka lihat bunga-bunga, boleh mengunjugi Gora park. Kami skip wisata di Gora. Jadi dari Gora kami naik Hakone Tozan Cable Car ke Sounzan.

Hakone Tozan Cable Car

Dari Sounzan, kami naik Hakone Ropeway ke Owakudani. Owakudani adalah daerah wisata yang menyuguhkan kawah dari hasil letusan gunung Hakone. Disana kita dapat menikmati Gunung fuji dari kejauhan, asap belerang, sungai air panas dan yang paling populer di Owakudaninya adalah telur hitamnya. Mitos mengatakan kalau memakan telur hitam dapat memperpanjang usia 7 tahun. Kami tidak mencoba telurnya karena sebungkus isi 5 biji ¥500 sedangkan kami cuma berdua jadi nanti tidak habis.

Kawah belerang

*Bagi yang tidak tahan dengan asap belerangnya, bisa ambil sejenis tissue basah untuk menutup hidung (gratis) sebelum naik ropeway ke owakudani.

Do you spotted a Mount Fuji? 😁

Karena sudah semalaman hujan, hari ini cuaca super cerah jadi beruntung banget bisa dapat lihat dengan jelas gunung fujinya. 🗻

Setelah dari Owakudani, kami melanjutkan ke Togendai. Untuk ke Togendai biasanya lanjut naik Ropeway tapi ropeway dari Owakudani ke Togendai dalam perbaikan (sampai 23 june 2017), maka semua dialihkan naik Bus (include dalam Hakone pass)

Setelah sampai, kami langsung menuju Togendai View restoran. Restoran dimana   bisa makan sambil menikmati view Lake Ashi dan Menu favoritnya adalah Fluffy Rice Omelete ¥1200 dan Curry rice (Pork) ¥1300. Kami pun mengorder dua makanan tersebut. Untuk harga yang ga gitu murah, sy pribadi merasa biasa saja untuk omelete rice dan untuk curry ricenya suami sy bilang currynya terlalu pekat cuma point plus dari restoran ini adalah langsung dapat menikmati Lake Ashi.

*Restoran ini restoran selfservice, jadi setelah makan siap ingat mengembalikan traynya ke tempatnya baru pergi.

Setelah makan siap, kami pun mengantri Hakone Sightseeing Cruise untuk melihat keindahan Lake Ashi.

Jam keberangkatan Cruise

*Kapal terakhir berangkat dari Togendai adalah jam 15.40, bagi yang mau menaiki cruise ini jangan lewat jam 15.40 ya.

Hakone Sightseeing Cruise
Lake Ashi

Setelah cruisenya tiba di Hakone Machi-ko, kami pun turun. Kami tidak lagi mengelilingi area Hakone machi karena takut kemalaman balik ke Shinjuku, kami pun langsung naik Hakone Tozan bus ke Hakone Yumoto dan balik Shinjuku.

Ini perjalanan kami selama di Hakone, semoga bisa jadi referensi buat yang mau ke Hakone.😬

Untuk membaca perjalanan 10 Hari kami di Jepang, bisa baca post yang ini.