Welcome back to my blog! Almost one year at home for take care of my 2 babies, and my youngest baby almost 6 months so husband and i decide to go on vacation! 🀩πŸ₯° biar mamak ga stress mulu dirumah jaga anak πŸ˜‚

Holiday kali ini kami memutuskan untuk mengunjungi Hokkaido-Kawaguchiko-Nikko, Japan selama 10 hari pas winter untuk merasakan salju dan suhu udara dingin buat pertama kalinya πŸ˜‚

Nah buat yang pertama kali pergi ke tempat dingin dan salju (suhu udara sekitar 0 derajat sampai -6 derajat) pasti binggung mau siapin apa aja sih?

  1. Heattech/longjohn baju, ini perlu banget untuk layer pertama. Kami membeli yang extra warm di Uniqlo medan. Bisa juga beli di Jepang langsung karena harganya murah banyak. Kami membeli 2 pc setelan heattechnya. Pakainya 3 hari trus cuci, besoknya sudah kering juga.
  2. Sweater, untuk layer kedua.
  3. Outer, ini bisa pake coat, down jaket, dsb.
  4. Heattech celana dulu baru pakai celana luar (kami sih pake jeans sih, masih bs terasa dingin sih tapi masih bisa ditahan).
  5. Sarung tangan, walaupun sudah pake sarung tangan tah kenapa ini jari-jari dingin juga πŸ˜‚ pakai 2 lapis ga nyaman banget, jari-jari jadi kaku susah digerak2an jadi tetap pake selapis saja.
  6. Kaos kaki, kami ga membeli kaos kaki heattech pake kaos kaki biasa aja cuma yang tebal. Suami pake satu lapis bisa tahan, saya 2 lapis.
  7. Sepatu yang tahan air dan pilih sol sepatunya yang ga licin, soalnya jalanan yang ada es licin banget. Es yang warna putih sih ga masalah, yang warna transparan spt es batu yang di kulkas licin kali (kalau ketemu es begitu lebih baik jgn diinjak). Suami pake sepatu Columbia, dia bilang hanget dan nyaman. Sy sendiri sih cuma beli sepatu boots dr Shopee yg murmer 250 rb sepasang. Tapi tahan banting πŸ˜‚πŸ‘πŸ‘
  8. Pelembap, ini perlu banget. Di cuaca dingin kulit jd kering banget, jadi perlu pakai pelembap muka, bibir, badan.
  9. Syal, sy sndr ga pakai sih, pake baju yang ad turtle neck sudah bisa tahan.
  10. Topi dan earmuff. Sy sndr lebih memilih pake topi, kena angin dinginnya bisa sakit kepala dan sekalian sudah bisa menutupi telinga dari suhu dingin. Suami lebih memilih pake earmuff karena dibilang pake topi tar rambutnya jadi berantakan πŸ˜‚πŸ˜…
  11. Pilih sampo dan sabun yg mengandung moisturizer jadi ga kering2 banget rambut dan kulit kita.
  12. Hotpack, banyak yang bilang ini sangat membantu pas cuaca dingin. Ada dua macam hotpack, satu yang ditempel macam koyo, satu lagi dishake untuk di genggam di tangan. Tapi sy sendiri merasa ga gitu berfungsi. Yang nempel bisa panas banget, jd ga nyaman banget. Yang digenggam malah ga bisa hangat. Sampe hotel malah baru hangat 😒 jadi terakhir hotpack sudah beli ga dipake.

Winter outfit

Lanjut kita ke next persiapan yang menurut sy penting untuk disiapin sebelum berangkat ke Hokkaido:

1. Tiket pesawat

Bisa beli tiket pesawat langsung mendarat di Chitose Airport, Hokkaido atau bisa naik kereta shinkanshen kesana. Tiket promo yang kami beli KL – SG – Haneda (Singapore Airlines sekitar 5,5 jutaan), jadi kami harus naik Shinkanshen untuk sampai kesana.

2. Visa, postingan tentang visa bisa di baca Disini.

3. Internet, menurut sy ini penting sekali. Tersesat tinggal google maps, mau search kereta dari Hyperdia langsung search dan bisa tetap connect with my kids ☺️.

Bisa pake yang modem ato kartu, kami memilih kartu karena modem harus dibalikin lagi jadi agak ribet. Kami belinya melalui Klook yang 10 hari, dengan 500 MB per hari (sekitar Rp. 250.000, di luar ongkos kirim untuk kirim ke Medan). Jaringannya mantap, ga lemot cuma kurangnya dia ga bisa hotspot sharing πŸ™‚

4. JR pass, kali ini sy memakai JR pass. Karena tiket promo yang kita beli dari KL – SG – Haneda, jadi mau tak mau harus pake JR pass untuk sampai ke Hokkaido. Kami memilih JR East-South Hokkaido pass (untuk informasi lebih lengkap bisa klik Di sini) dan kami belinya juga melalui Klook seharga 3.3 juta per orang (di luar ongkos kirim ke Medan). Kelebihan dari JR pass ini ga mesti dalam 6 hari berturut-turut pakai, jadi kapan kita mau pake bisa pake untuk 6 hari dalam batas waktu 14 hari.

5. Itinerary, jadwal perjalanan harus susun dengan baik biar ga habisin biaya transport dan waktu. Ini itinerary kami:

β€’ Hari ke-1: Hakodate (Kanemori Red Brick House)

β€’ Hari ke-2: Hakodate (Morning market, Motomachi Area, mount Hakodate)

β€’ Hari ke-3: Sapporo (Otaru)

β€’ Hari ke-4: Sapporo (Nijo Market, Tv tower, Former Hokkaido Goverment Office, Tanukikoji shopping street)

β€’ Hari ke-5: Sapporo ( Moerenuma park, Shiroi Koibito Park)

β€’ Hari ke-6: Lake Toya

β€’ Hari ke-7: Lake Toya – Tokyo Trip

β€’ Hari ke-8: Kawaguchiko Trip

β€’ Hari Ke-9: Nikko Trip

β€’ Hari ke- 10: Tokyo (Meiji Jingu Shrine, Takeshita street, Airport)

6. Hotel, bisa baca Disini.

Semoga bisa membantu dan menjadi referensi bagi teman-teman yang mau travelling ke Jepang!

See you again in next post! πŸ‘‹